Tuesday, October 25, 2016

Big Data



Big Data

Apa itu Big Data, bayangkan semua data yang telah dihasilkan dari awal kamu lahir sampai besar sekarang mulai dari nama, data pendidikan, kesehatan dan lainnya digambarkan ke dalam bentuk satu kotak, pastinya rumahmu sudah penuh dengan kotak-kotak tersebut bukan dan itu dihasilkan oleh setiap orang di bumi, tidak bisa dibayangkan bukan, sepenuhnya seperti apa bumi ini. Secara sederhana Big Data adalah himpunan data yang sangat besar yang tidak mampu diolah oleh sistem komputer dan perangkat lunak konvensional dan memiliki karakteristik tertentu yaitu Volume, variety atau varietas dan velocity atau kecepatan. 
1. Volume
Dalam big data volume atau ukuran data yang dihasilkan sangat besar, bahkan sangat sangat besar. Jika semua data pada tahun 2010 dipindahkan ke dalam bentuk kepingan DVD, maka DVD tersebut dapat membuat tumpukan panjang sepanjang jarak antara bumi ke bulan dan kembali lagi ke bumi dan data-data tersebut terus bertambah Pada tahun 2012 kita menghasilkan 2,3 triliun Gigabyte data setiap harinya diperkirakan Nanti pada tahun 2020 data yang dihasilkan sebanyak 43 triliun Gigabyte.
2. Varietas
Varietas juga merupakan salah satu karakter dari big data. data-data yang dihasilkan terdiri dari berbagai jenis dan variasi seperti text, foto, video dan lain-lain. Apa saja yang menghasilkan big data,a banyak sekali salah satunya adalah adanya internet of things. internet of things bisa diartikan dimana benda-benda di sekitar kita dapat berkomunikasi antara satu sama lain melalui sebuah jaringan seperti internet mulai dari handphone televisi jam tangan bahkan sampai lemari pendingin semua benda-benda tersebut menghasilkan data, baik itu data tentang letak titik masjid di suatu tempat, data berapa detak jantungnya berdenyut setiap hari, data tentang Berapa langkah kaki yang kamu ambil setiap hari, data perbankan, kesehatan, sensor untuk mengumpulkan informasi tentang iklim, postinganmu di sosial media, data transaksi kartu kredit dan yang paling penting adalah data untuk ilmu pengetahuan di 
3. Velocity
Indonesia Pusat penelitian Informatika LIPI turut berperan dalam suatu proyek sains besar di bidang fisika partikel eksperimen yaitu ALICE CERN. proyek tersebut menghasilkan data yang sangat besar sehingga membutuhkan high performance computing untuk mengolahnya. data-data yang telah dihasilkan kemudian harus dapat dianalisa dengan sangat cepat untuk menghasilkan informasi, itulah mengapa Velocity atau kecepatan merupakan karakter penting lainnya dari big data. Coba bayangkan Bagaimana saham-saham perusahaan, rute jalan, perkiraan cuaca dapat diketahui dengan hitungan menit bahkan detik jika data-data besar tersebut tidak dianalisa dengan cepat. tentunya perangkat komputer biasa tidak dapat menangani hal ini, bisa jadi akan menghabiskan beberapa tahun untuk melakukan itu. HPC (High Performance Computing) adalah jawabannya. HPC atau high performance computing adalah sistem komputer yang dibangun agar mampu menyelesaikan beban komputasi yang tak terkira beratnya dalam waktu yang masih bisa diterima. sebuah sistem HPC terdiri dari puluhan, ratusan, bahkan ribuan CPU core yang saling terkoneksi untuk menyelesaikan suatu komputasi secara paralel. LIPI mempunyai dua sistem HPC yang dikelola pusat penelitian Informatika yaitu di Bandung dan Cibinong. LIPI membuka kesempatan kepada masyarakat yang ingin menggunakan HPC tersebut untuk kepentingan ilmu pengetahuan secara gratis. untuk lebih lanjut Silahkan buka grid.lipi.go.id dan mari bekerja sama untuk kemajuan ilmu pengetahuan di Indonesia. jadi bisa ditarik kesimpulan bahwa big dada merupakan suatu fenomena yang tercipta karena adanya kemajuan teknologi dan mau tidak mau kita harus dapat menghadapinya.

 

Empat karakteristik big data :

  1. Berukuran sangat besar (high-volume). Biasanya ukuran total data dalam terabytes keatas. 
  2. Sangat bervariasi (high-variety). Format disini bisa berupa data dalam tabel-tabel relasional database seperti MySQL, file text biasa, File Excel atau bentuk apapun.
  3. Kecepatan pertumbuhan tinggi (high-velocity). data bertambah dalam jumlah yang sangat banyak dalam kurun waktu relatif singkat.
  4. Sangat tidak jelas (high veracity).
Empat karakteristik sering disebut dengan 4V's of Big Data.

IBM 4V's of Big Data

Sumber :
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia - LIPI
IBM Big Data & Analytics Hub

No comments:

Post a Comment