Friday, February 24, 2017

Cara Merubah UUID di VirtualBox

Cara Merubah UUID di VirtualBox
Saat kita akan membuat VM ( Virtual Machine ) yang bersumber dari 1 buah VHD, akan muncul error yang memberitahukan bahwa UUID sudah ada.

Gambar 1. Error UUID already exist
Dalam Kasus ini saya mencoba membuat 2 buah VM dari VHD Simulasi 2 UNBK 2017, dimana VHD 1 saya buat untuk SMK dan VHD yang ke 2 saya gunakan untuk MTs. Ada 2 cara untuk mengatasi UUID already exist.
1.       Menghapus VM
Dengan menghapus VM maka tidak akan terjadi lagi bentrok UUID dari VHD 1 dengan 2, agar VHD lama bisa digunakan lagi maka pada saat mengapus pilih “Remove Only” sehingga kita hanya menghapus VM tanpa menghapus VHDnya.
Gambar 2. Remove VM


2.       Merubah UUID
Cara ini kita tidak akan mengapus VM tetapi hanya merubah UUID yang ada pada VHD, jadi kedua VM bisa digunakan. Berikut cara merubah UUID.
a.       Masuk ke CMD dengan jalankan sebagai Administrator
`
Gambar 3. Run CMD as Administrator

b.      Ketikkan cd C:\Program Files\Oracle\VirtualBox\ atau bisa juga di buka dari explore kemudian di copy paste.

Gambar 4. Chage Direktori VirtualBox

c.       Ketikkan VBOXMANAGE.EXE internalcommands sethduuid “pathtovhdfile” isikan alamat VHD di dalam tanda petik, pada kasus ini VHD saya ada di “E:\CBT_UN2017_Server1.VHD”

Gambar 5. Change UUID


5 comments:

  1. Salam kenal dari Ruangguru!

    Saya Annisa, Content Manager Ruangguru. Ruangguru adalah pengembang teknologi pendidikan berbasis web dan aplikasi mobile terdepan di Indonesia, dengan lebih dari satu juta pengguna dan jaringan kerja sama dengan Kemendikbud, 23 Dinas Pendidikan Provinsi di Indonesia, dan mitra-mitra strategis lainnya seperti Google, LINE, dan Telkom Indonesia.

    Saat ini, kami ingin meningkatkan variasi dan kualitas konten pendidikan di Ruangguru. Tim Riset kami mememukan bahwa blog/website yang Anda kelola, yakni web pejuang-it.blogspot.co.id, menarik dan relevan untuk memperkaya konten kami, serta dapat bermanfaat bagi jutaan siswa di Indonesia. Bentuk kerjasama yang kami tawarkan yakni menjadi master teacher dan/atau melakukan content partnership dengan ruangguru. Oleh karena itu, kami ingin bekerja sama dengan Anda.

    Untuk informasi lebih lengkap mengenai kerjasama ini, Anda bisa menghubungi saya melalui email annisanino@ruangguru.com
    Terima kasih dan selamat beraktivitas!

    Salam,
    Annisa A. Novara
    Content Manager, Ruangguru

    ReplyDelete
  2. Jika dua vhd sma dan smp dalam satu hardisk apakah setelah langkah cmd sampai vboxmanage serial numbernya sama apa beda ? Karena sinkronisasi gabungan ID dan SN mohon pencerahannya ?

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah ya Rob, terima kasih bgt mas bro pencerahannya, berkat ilmunya sy g jd begadang d sekolah, semoga dibalas dgn rezeki yg berlimpah

    ReplyDelete
  4. klo gue punya banyak PCP server, Gimana bro?

    ReplyDelete
  5. bagaimana jika saat merubah UUID gagal ? apa yang harus dilakukan ?
    Tulisannya "The system cannot find the path specified"

    ReplyDelete